Minggu, 19 Februari 2012

10 Tips Bijak Mengatur keuangan Anda

Banyak Orang yang memiliki masalah keuangan. Sebenarnya pendapatannya lebih dari cukup, tapi kenapa selalu ada masalah keuangan. Bahkan malah terus berhutang dan aset yang dimiliki juga tidak ada penambahan. Jika Anda bisa bijak, seharusnya seiring bertambahnya usia Anda aset Anda juga bertambah dong! Jangan hutang memulu yang bertambah! Berikut tips agar keungan Anda bisa di atur lebih baik:






  1. Buat daftar pengeluaran rutin.




Andabisamembuatpos-pospengeluarantiapbulandenganmemilah-milahmana-manasajayangharusdidahulukan,bilaperluurutkanmulaitanggalberapatagihanjatuhtempo,kapanadapembayaransekolahanak,bayarlistrik,telepondll.ApabilaAndaberencanauntukmembelisesuatubelimejabelajaranakmisalnya,itujugaperluAndatulisdidaftarpengeluaranbulanitu,jadiAndajugasiapmengeluarkanuangAndadiposyangjelas.AndajugabisamencoretdaftarbelanjamanayangtidakbersifatdaruratapabilaternyatabudgetAndatidakmencukupiuntukbelanjabarangtersebut.





  1. Kurangi hutang.




Adakalanyakitaterpaksaharusmengeluarkanuanguntuksesuatuyangdarurat,misalnyatiba-tibashowerkamarmandirusakdanpompaairjugamacet,mautidakmaukitaharusservicepompadanbelishower,padahalitudiluardaftarpengeluaran,kaludahgituketikauangkitatidakmencukupimakakitangambilpinjaman(berhutang).Memang,masalahdibulaniniselesai,tapibagaimanadenganbulandepan?Yah...tagihansayabertambah...sebagisolusinyaAndamesticerdassebisamungkinkurangihutangmungkinAndabisamenangguhkanrencanabelibajubarudanBudgetbelibajudialihkanuntukmenggantibiayaservicepompadanbelishower.





  1. Pastikan kita mempunyai polis asuransi




Lho...kokmalahasuransi???Iya,pengalamansaya,kejadianmendadaksepertisakitadalahbebanfinansialbaru.Karenadalamdaftarsayatidakadaperencanaanjikasayasakit.Lalumengapaasuransi?Karenajikakitamengalokasikandanadibank,makajikakitasakitdanakitaakanberkurang.Tetapidenganmemilikipolisasuransimakadanatabungankitaakantetapaman.





  1. Prioritaskan tujuan kita.




Iniyangsusah.Karenatujuanpengalokasianuangtergantungpadapribadimasing-masing.Misalnyauntuklajangyangbelummenikah,alokasidanabanyakkebelanja,mainsamateman,atauhal-hallain.sedangkanuntukorangyangsudahmenikahdanpunyaanakalokasidanakekreditrumahmisalnya,pendidikan,pensiun,dll.Pertanyaannyabisakahkitamerencanakandanauntukrumah,pendidikananak,pensiunpadasaatkitamasihlajangdanbelummenikah?PrKitaMembuatscalaprioritasapayangharuskitapunyaterlebihdahuluagarasetkitabertambahatauhidupkitamenjadilebihnyaman.





  1. Mulai belajar untuk berinvestasi




Mencariinformasitenangtempatberinvestasiadalahmudahdantidakmenyitabanyakwaktu.Jaditidakadasalahnyakalaukitamulaimencariinformasitempat-tempatberinvestasiyangsesuaidengakebutuhanhidupkita.





  1. Mulailah berinvestasi.




Jika kita sudah menemukan tempat berinvestasi yang pas, segeralah berinvestasi. Karena terlambat adalah kondisi yang sangat tidak menguntungkan.





  1. Investasikan dana secara taratur.




Yainvestasibertujuanjangkapanjang.Sebaiknyadigunakansesuaidengantujuandarikitaberinvestasi.Konsisten.





  1. Investasikan dana di banyak sumber.




Analoginyajikakitamencarisumberair,buatsumursebanyak-banyaknya.Jikasatusumurkering,makamasihadasumuryanglain.





  1. Pantau investasi kita.




Lihat secara teratur perkembangan investasi kita.





  1. Pikirkan generasi berikutnya.




Alokasikan dana dan rencanakan untuk membuat warisan.


SHARE THIS